Indonesia |  English 
    depan | peta halaman | Hubungi Kami 
 Info Produk
 Knowledge Management
 E-Library
 Info Tagihan
 Hubungi Kami
Call Center 123

 
Jenis Layanan Call Center 123
 
Call Centre adalah Aplikasi Pelayanan Gangguan, Pengaduan dan Pelayanan Informasi Pelanggan yang terintegrasi sehingga tercapai kepuasan Pelanggan yang merupakan kunci sukses keberhasilan PT PLN Batam dalam hal meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya, dengan harapan sbb :
  1. Gain Company Image, meningkatkan citra perusahaan melalui bentuk pelayanan phone-in yang mampu memberikan solusi pelayanan.
  2. Menuju standarisasi pelayanan yang dikenal di dunia luar (industrial best practice)
  3. Peningkatan Costumer Care PT PLN Batam, menjadikan Call Center yang ideal dan terintegrasi.
  4. Peningkatan efisiensi dan akurasi operasional khususnya yang berkaitan dengan infrastruktur / peralatan.
  5. Memungkinkan bentuk-bentuk pelayanan yang lebih modern sesuai dengan tuntutan pelanggan dan mengarah kepada penyediaan pelayanan secara phone-in (Customer Relationship Management)
    Dengan cara sbb :
  • Pelanggan mendial 123 lewat fixed line Batam atau +62778464202 melalui seluler. Maka sistem PABX akan merespon sesuai dengan menu yang disediakan.
  • Ada lima menu layanan yang disediakan Call Center PLN Batam, yakni Info-info (Info Tagihan, Info Pemadaman dan Info Produk/Umum), Permintaan (Pasang Baru, Geser Meter, Tambah Daya) dan Pengaduan (Pengaduan Tehnik, Pengaduan Rekening Listrik dan Pengaduan Pemeliharaan).
Tugas dan Fungsi Umum
 
Secara umum tugas dan fungsi pelayanan Call Center PLN Batam adalah sebagai berikut :
1. Agent / Operator
Menerima call dengan salam pembuka : " Selamat pagi / siang / sore / malam, Call Center PLN Batam dengan ……….(nama operator) Bisa Di bantu ? " dan memberikan pelayanan informasi (Info Produk PLN Batam, Layanan Permintaan dan Layanan Pengaduan) melalui telepon dan computer kepada seluruh pelanggan yang menghubungi akses 123.
 
2. Supervisor Agent
Melakukan validasi inputan data dari agent dan mengevaluasi secara harian kinerja agent call center PLN Batam.
 
3. Petugas di Kantor PT PLN Batam
Adalah petugas yang ditunjuk di setiap unit / bagian (Customer service, Pelayanan , Distribusi, Pendapatan, Humas dan IT) untuk menerima kiriman inputan data dari agent call center pada aplikasi dan menindaklanjuti (permintaan atau pengaduan) tersebut dan juga memberikan laporan dari hasil tindak lanjut tersebut (feedback) ke call center.
 
4. Petugas Customer Service di Kantor PT PLN Batam
Adalah petugas Customer Service yang berada di Kantor PLN Batam yang menerima permintaan/pengaduan dari pelanggan yang datang langsung ke kantor PLN Batam.
 
Proses Bisnis Layanan Call Center PLN Batam