Performance Excellence

Kinerja yang unggul (performance excellence) dapat dicapai melalui layanan kulitas tinggi yang dapat dirasakan langsung oleh pelanggan dan stakeholders lainnya, serta didukung oleh sebuah sistem manajemen yang mampu membentuk sebuah budaya, kerangka berpikir dan berperilaku yang mengarahkan dan menuntun pegawai untuk mencapai kinerja yang selaras dengan pencapaian sasaran perusahaan. Strategi pengelolaan perusahaan tidak hanya ditentukan oleh teknologi dan layanan yang dimiliki, namun juga oleh potensi sumber daya manusianya, sehingga untuk mencapainya, arah sasaran kinerja pegawai harus selaras dengan arah strategi perusahaan yang menuntut change dan agility seluruh aspek pegelolaan perusahaan. Hal ini selaras dengan semakin kuatnya internalisasi budaya perusahaan bright way 4-555 yang tercermin dalam:

4 Tata Nilai : Attentive, Brilliant, Considerate, Depandable
5-eX Janji : eXpert in this field, eXcel in what we do, eXceed customer expectation, eXceptional staff, eXemplary
5-R Sikap Kerja : Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin, dan
5-S Sikap Pelayanan : Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun

Dalam rangka memenuhi ekspektasi yang memberikan potret dan diagnosa tentang bagaimana bright mengelola pengembangan bisnis dan kompetensi intinya dalam sistem ketenagalistrikan di Wilayah Usahanya, maka diperlukan Kriteria Malcolm Baldrige untuk dapat mengukur performance excellence yang komprehensif, sehingga secara keseluruhan sistem manajemen yang diterapkan dapat alignmentintegration, dan Synthesis. Kriteria Baldrige memiliki 7 (Tujuh) kriteria yang terdiri dari 6 kriteria proses yaitu LeadershipStrategic PlanningCustomer FocusMeasurement-Analyst-Knowledge ManagementWorkforce Focus, dan Operation Focus, serta 1 kategori Result. Perbandingan sistem manajemen lain dibandingkan Malcolm Baldrige for Performance Excellence yang diterapkan bright dapat dilihat pada gambar berikut:

Tools Sistem Manajemen lainnya dalam 7 (Tujuh) Perspektif Kriteria Baldrige

Penerapan kriteria Baldrige ini sangat penting, karena bertujuan untuk melihat secara keseluruhan proses kerja yang dijalankan perusahaan, sehingga dapat membantu manajemen untuk mengetahui posisi perusahaan dibandingkan dengan perusahaan pembanding, pesaing dan atau benchmark. Disamping itu Kriteria Baldrige juga digunakan oleh Manajemen sebagai panduan perusahaan dalam mengevaluasi kinerja dan proses-proses yang berlangsung di dalam perusahaan, sehingga amanat yang diberikan oleh Pemegang Saham dapat dipertanggung jawabkan secara profesional dan terukur dengan ekselen.

Sejak tahun 2008 bright telah mengimplementasikan Kriteria Baldrige dan pada tahun 2012 bright mendapatkan penghargaan dari Indonesian Quality Award sebagai perusahaan dengan pencapaian Good Performance. Pencapaian tersebut akan terus ditingkatkan dengan melaksanakan effort dari Opportunity For Improvement (OFI) untuk memenuhi ekspektasi menjadi perusahaan Emerging Industry Leader.

Jl. Engku Putri No. 3 - Batam Center - Kepulauan Riau - Indonesia

Copyright © 2017 PT. Pelayanan Listrik Nasional Batam.