Realisasi CSR Tahun 2013

Peduli Sosial

Program peduli sosial ditujukan untuk beban masyarakat akibat terkena musibah baik bersifat insidentil seperti kegiatan tanggap bencana atau kebakaran, maupun kegiatan yang bersifat terprogram pembinaan panti asuhan.

Tahun 2013, Program peduli sosial dikelompokkan pada tiga kegiatan yaitu:

  1. Bantuan bencana
    Bantuan bencana alam berupa kebakaran di Legenda, Baloi Kebun, dan bencana gunung meletus Gunung Sinabung di Sumatera Utara, dan bantuan kepada korban kecelakaan.
  2. Bantuan Sembako untuk masyarakat
    Bantuan sembako untuk masyarakat, baik itu yang diserahkan secara langsung oleh bright PLN batam, maupun bekerjasama dengan Pemko Batam berupa bantuan sembako untuk masyarakat Batam terutama tenaga buruh yang berasal dari ekonomi lemah
  3. Bantuan pengembangan masyarakat dibidang sosial
    Bantuan pengembangan masyarakat lainnya berupa kegiatan Bhakti sosial di sekolah, bantuan ke panti asuhan, panti jompo, dan bantuan kepada Lembaga Pemasyarakatan.

Peduli Pendidikan

Program Peduli Pendidikan ditujukan untuk membantu meningkatkan mutu pendidikan dan meringankan beban biaya pendidikan bagi pelajar yang berprestasi. Bentuk kepedulian meliputi pemberian bantuan fasilitas dan sarana pendidikan, perbaikan gedung, bantuan pelatihan dan pemberian beasiswa

Tahun 2013, Program peduli pendidikan dikelompokkan pada kegiatan:

  1. Bantuan sarana sekolah
    Kegiatan CSR yang sudah dilakukan untuk membatu fasilitas sekolah diantaranya adalah bantuan untuk pembangunan PAUD Kiambang di pulau Pemping, bantuan computer, dan bantuan bantuan sarana untuk TPA dan TPQ.
  2. Bantuan pengembangan prestasi
    Sedangkan kegiatan untuk mengembangkan prestasi diantaranya adalah melalui kegiatan lomba menggambar dan mewarnai sebagai wadah untuk menampung kreativitas anak, festival lagu anak Batam, bantuan untuk pembinaan remaja yang bekerjasama dengan mesjid Al Mubarak Komp. Masyeba, dan dukungan olimpiade geografi.

Peduli Kesehatan

Program Peduli Kesehatan ditujukan untuk membantu menjadikan masyarakat yang sehat dan berkualitas yang diwujudkan melalui berbagai kegiatan yang bersifat insidentil maupun berkelanjutan. Kegiatan peduli kesehatan antara lain pemberantasan sumber penyakit, kegiatan donor darah, pemberantasan gizi buruk, khitanan, pengobatan gratis serta bantuan peralatan dan obat.

Tahun 2013, Program peduli pendidikan dikelompokkan pada kegiatan:

  1. Sunatan Massal dan Pemberian Pengobatan serta Vitamin gratis
    Kegiatan khitanan massal untuk masyarakat Batam. Kegiatan yang dilaksanakan di Lantai dasar kantor b’right PLN Batam tersebut diikuti oleh 215 anak yang berasal dari wilayah kota Batam tersebar, diantaranya dari wilayah Tanjung Riau, Tanjung Uma, Batam centre, bengkong, Batu Aji, Batuampar, dan lain-lain.
    Sedangkan pemberian pengobatan dan vitamin gratis diberikan kepada masyarakat Bengkong pada bulan Desember 2013.
  2. Pembangunan fasilitas penunjang kesehatan
    Kegiatan pembangunan fasilitas penunjang kesehatan yang dilakukan adalah pembangunan sanitasi untuk SD 004 Batam centre yang berlokasi di Kampung Belian yang berada dekat dengan kantor bright PLN Batam.

Peduli Lingkungan

Program Peduli Lingkungan bertujuan untuk ikut memperbaiki kondisi lingkungan seperti penanaman pohon sebagai upaya mengurangi pemanasan global, bantuan peralatan kebersihan, bantuan bibit pohon dan dukungan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan lingkungan melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Tahun 2013, Program peduli lingkungan dikelompokkan pada kegiatan:

  1. Edukasi Lingkungan
    Kegiatan edukasi lingkungan dilakukan kepada anak SD yang dilakukan di SD 004 Batam centre denga tujuan untuk memberikan edukasi secara dini kepada anak tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup dan peran manusia untuk menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. Edukasi ini dilakukan melalui kegiatan pembuatan apotek hidup, sehingga selain para siswa diberikan pemahaman tentang pentingnya lingkunga, juga sekaligus dapat mengetahui manfaat dari tamanan-tanaman tersebut untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, para siswa juga diberikan tanggung jawab untuk turut serta menjaga dan merawat agar apotek hidup tersebut terus berkembang.
  2. Melistriki pulau Terluar
    Program ini merupakan program lanjutan dari tahun 2012, dimana bright PLN Batam telah mengalokasikan 30 unit solar cell yang akan di pasang di pulau-pulau terluar. Tahun 2013 ini, pulau yang dipasang adalah pulau Petong, tahap pertama solar cell ditujukan untuk fasilitas umum seperti sarana ibadah dan balai pertemuan. Kegiatan ini merupakan komitmen bright PLN Batam untuk melistriki pulau-pulau terluar yang sulit teraliri listrik, sehingga kita dapat tetap mempertahankan pulau-pulau terluar yang berada di wilayah Indonesia.
  3. Pembangunan fasilitas jalan umum dan penanaman pohon bakau.
    Pembangunan fasilitas jalan umum yang dilakukan adalah perbaikan jalan umum di sekitar kantor Area Pelayanan Tiban yang diakses oleh masyarakat dan pelanggan bright PLN Batam.
    Kegiatan penanaman 100 bibit pohon bakau ditanam di pantai sekitar bengkong laut yang dilakukan bekerjasama dengan tim Berbagi Nasi Batam.

Peduli Keagamaan

Program Peduli Keagamaan bertujuan untuk ikut mewujudkan Batam yang bermartabat melalui peningkatan ketaatan, etika dan moralitas masyarakat. Dalam program ini Perusahaan memberi kontribusi bagi aktivitas spiritual melalui berbagai kegiatan keagamaan seperti hari raya, membantu perbaikan tempat ibadah dan lain-lain.

Tahun 2013, Program peduli keagamaan dikelompokkan pada kegiatan:

  1. Bantuan Sarana Ibadah
    Masjid Al-Muthmainnah, Masjid Nurul Ikhlas-Sakura Permai, Al-Hidayah Perum Kopkar PLN Masjid Baitussalam
  2. Pengembangan Ilmu keagamaan
    Parisada Hindu Dharma Indonesia Propinsi Kepri, STQ Belakang Padang STQ Kelurahan Sekanak Raya STQ Kelurahan Tanjung Uncang STQ Tingkat Kec. Batu Aji STQ Kelurahan Tanjung Buntung Haul Akbar Batam ke 3, pengajian agama yang dilaksanakan oleh UIB yang mengambil momen Maulid Nabi Muhammad SAW untuk memberikan kedasaran keteladanan Nabi Muhammad SAW kepada para mahasiswa sebagai para calon pemimpin di masa depan.
  3. Bantuan Hewan kurban
    Bantuan kurban diberikan kepada masyarakat Batam dan masyarakat hinterland, dimana sebagian besar penduduk hinterland lebih sering mengkonsumsi ikan dibandingkan dengan daging, sehingga bersempena dengan hari raya Idul Adha, bright PLN Batam membagikan 1000 paket hewan kurban.

Peduli Seni, Budaya dan Olahraga

Program Peduli Seni, Budaya dan Olahraga bertujuan untuk ikut melestarikan seni dan budaya, khususnya seni budaya lokal Batam. Dalam program ini Perusahaan memberi kontribusi melalui pelaksanaan festival seni dan budaya tertentu serta memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan olahraga di Batam.

Tahun 2013, Program peduli seni, budaya, dan olahraga dikelompokkan pada kegiatan:

  1. pengembangan Olah Raga Bridge
    Turnamen bridge merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh bright PLN Batam yang bekerjasama dengan Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) melalui kegiatan PLN Batam Cup 7 Student Bridge dimana kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan prestasi para siswa dibidang olah raga. Pemilihan olah raga bridge karena seperti hal nya olah raga catur olah raga ini memadukan daya fikir dan strategi, sehingga para siswa terlatih untuk berfikir lebih kritis dan berani mengambil keputusan.
    Kegiatan turnamen bridge tahun 2013 ini bersamaan dengan Turnamen Bridge Internasional Gubernur Kepri Cup ke-10 akan dilaksanakan pada tanggal 8-10 November 2013 di Hotel Golden View, Bengkong.
  2. pengembangan budaya lokal Pesta Pantai dan Lomba Jong Tahun 2013 Lomba Pantun Bersambut
    Pesta pantai perahu layar Jong merupakan agenda tahunan di Kepulauan Riau, mengingat sebagian besar wilayah Batam dan Kepri merupakan lautan sehingga potensi budaya yang memanfaatkan lautpun menjadi perhatian Utama masyarakat.
    Selain kegiatan perahu layar, kegiatan untuk mengembangkan budaya melayu sebagai budaya local masyarakat Batam adalah lomba pantun, dimana pantun merupakan ciri khas masyarakat melayu yang selalu digunakan oleh masyarakat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan.
  3. pengembangan seni, budaya, dan olah raga
    Pengembangan seni budaya, dan olah raga lainnya yang dilakukan bright PLN Batam diantaranya dukungan pada kegiatan Karate Do Nasional, Off Road Team, ATB CUP IV Futsal Championship 2013, Batam Tectona 2013, Pekan Olahraga & Seni Ibnu Sina, Komunitas Film Batam, Trail Adventure Community, Tribun Futsal Championship 2013, Turnamen Pelajar GERHANA, Nuansa Cultural Production ,tour de Barelang 2013, Kakanpora Batam dan Batam Pos Group, Futsal, Btm Open Downhill Challenge 2013, pemilihan bintang Radio RRI, Batam Pos Rally Wisata, Pentas Seni SMK Kolese Tiara Bangsa, bulutangkis PBSI, voli, percasi, dan dukungan kegiatan olah raga lainnya

Peduli Kemitraan

Program Peduli Kemitraan bertujuan untuk ikut meningkatkan kualitas dan kompetensi mitra kerja, usaha kecil dan lembaga lainnya.

Tahun 2013, Program peduli keagamaan dikelompokkan pada kegiatan:

  1. Pengembangan kewirausahaan
    Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang memberikan bantuan modal untuk wira usaha, tahun 2013 kegiatan kemitraan bright PLN Batam difokuskan kepada kegiatan pengembangan kewirausahan berupa kegiatan yang dapat memberikan pemahaman tentang kewirausahaan antara lain melalui kerja sama dengan Kadin Batam yang menggelar “Young Entrepeneur Awards 2013”, dan kegiatan kompetisi kewirausahaan.
    Kdari kegitan-kegiatan ini diharapkan agar para wirausahawan mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai dunia usaha mandiri sehingga lebih termotivasi untuk terus mengembangkan usaha yang dikelola.
  2. Edukasi kelistrikan untuk masyarakat
    Program edukasi ini dilakukan melalui Kegiatan Focus Discusion Group (FGD)yang dilakukan secara rutin minimal satu kali setiap triwulan. Kegiatan FGD ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai ketenagalistrikan, baik itu dari segi regulasi, pengelolaan, maupun pengembangannya.
  3. Pengembangan masyarakat
    Kegiatan kemitraan lain yang dilakukan bright PLN Batam diantaranya kerjasama dengan BIMTEK Energi Terbarukan, Debat Mahasiswa Urban TV, Penerbitan Buku Potensi Investasi Kepri, Seminar Solusi Kebahagiaan with Love Therapy CV Zahra Baroka, dan kegiatan kemitraan lainnya.

Jl. Engku Putri No. 3 - Batam Center - Kepulauan Riau - Indonesia

Copyright © 2020 PT. Pelayanan Listrik Nasional Batam.