Realisasi CSR Tahun 2015

Peduli Sosial

Program peduli sosial ditujukan untuk membantu masyarakat untuk penyediaan sarana dan prasarana umum dan kesehatan, maupun kegiatan yang bersifat terprogram pembinaan panti asuhan.

Tahun 2015, Program peduli sosial dikelompokkan pada dua kegiatan yaitu:

1. Bantuan kegiatan sosial kemasyarakatan Bantuan khitanan massal yang diadakan oleh masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat

2. Bantuan pengembangan masyarakat dibidang sosial Bantuan pengembangan masyarakat lainnya berupa bantuan ke panti asuhan,panti jompo

Peduli Pendidikan

Program Peduli Pendidikan ditujukan untuk membantu meningkatkan mutu pendidikan dan meringankan beban biaya pendidikan bagi pelajar yang berprestasi. Bentuk kepedulian meliputi pemberian bantuan fasil itas dan sarana pendidikan, perbaikan gedung, bantuan pelatihan.

Tahun 2015, Program peduli pendidikan dikelompokkan pada kegiatan:

1. Bantuan sarana sekolah Bantuan CSR pengembangan maupun pembangunan sarana pendidikan diantaranya di beberapa sekolah madrasah dan sekolah negeri di daerah pulau luar Batam

2. Bantuan pengembangan prestasi pendidikan PLN Batam memulai untuk mengembangkan potensi daerah melalui pendidikan salah satunya memberikan beasiswa kepada siswa-siswi berprestasi dan kurang mampu. Melalui CSR peduli pendidikan bright PLN Batam bekerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) mengadakan Program Bantuan Pendidikan dengan system berasrama berstandar Internasional Sampoerna Academy Boarding School (SABS), yakni dengan memberikan Paket Pendidikan kepada 2 orang Putra Putri terbaik dari Kota Batam Provinsi Kepulaun Riau untuk tahun akademik 2015/2018

Peduli Kesehatan

Program Peduli Kesehatan ditujukan untuk membantu menjadikan masyarakat yang sehat dan berkualitas yang diwujudkan melalui berbagai kegiatan yang bersifat insidentil maupun berkelanjutan. Pada tahun 2015 bright PLN Batam memberikan bantuan pemberantasan gizi buruk bekerja sama dengan puskesmas Sekupang dan Batu Aji.

Tahun 2015, Program peduli kesehatan dikelompokkan pada kegiatan:

1. Kepedulian terhadap bahaya penyakit , pencegahan dan penanganannya bright PLN Batam melalui program CSR dan bright integritas melaksanakan program penanganan gizi buruk bekerjasama dengan Puskemas Sekupang dan Batu Aji yang menangani daerah-daerah pelosok dan tersebar di Batam.

Pada tahun 2015 juga di adakan khitanan massal untuk anak – anak yang kurang mampu , dimana peserta khitanan massal sebanyak 250 orang dari seluruh wilayah Batam.

2. Pembangunan fasilitas penunjang kesehatan Kegiatan pembangunan fasilitas penunjang kesehatan yang dilakukan adalah pembangunan posyandu di kavling Seraya

Peduli Lingkungan

Program Peduli Lingkungan bertujuan untuk ikut memperbaiki kondisi lingkungan seperti, penanaman pohon sebagai upaya mengurangi pemanasan global, penanaman mangrove di daerah pesisir,bantuan peralatan kebersihan, dan dukungan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan lingkungan melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Tahun 2015, Program peduli lingkungan dikelompokkan pada kegiatan:

1. Pemeliharaan Lingkungan Kegiatan peduli lingkungan bright PLN Batam salah satunya adalah penanaman bibit mangrove bekerja sama dengan Bapedalda Kota Batam dengan harapan dapat mengurangi polusi,memberikan ruang hijau dan menambah ekosistem hutan mangrove

2. Melistriki pulau Terluar Program ini merupakan program lanjutan dari tahun 2013, dimana bright PLN Batam telah mengalokasikan beberapa unit solar cell yang akan di pasang di pulau-pulau terluar. Tahun 2015 ini, dilakukan pemasangan di kampung Tanjung Banun Kec Galang, Batam

3. Penanaman pohon dan pengamanan objek vital Kegiatan penanaman dan pemeliharaan satu juta pohon di wilayah konservasi yang dilewati oleh jaringan SUTT bright PLN Batam

Peduli Keagamaan

Program Peduli Keagamaan bertujuan untuk ikut mewujudkan Batam yang bermartabat melalui peningkatan ketaatan, etika dan moralitas masyarakat. Dalam program ini Perusahaan memberi kontribusi bagi aktivitas spiritual melalui berbagai kegiatan keagamaan seperti hari raya,Qurban serta membantu perbaikan tempat ibadah dan lain-lain.

Tahun 2015, Program peduli keagamaan dikelompokkan pada kegiatan:

1. Bantuan Sarana Ibadah Masjid Nurus Sa’adh, Masjid Jami Nurul Ulum, Masjid Al Hidayah Kopkar PLN, Masjid Al Araaf, Masjid Ulil Albab, Masjid darul Anwar, TPQ dan PAUD Masjid Baitul Ummah,Bantuan kepada gereja HKBP Batam Centre.

2. Pengembangan Ilmu keagamaan Bantuan STQ (Seleksi Tilawatil Quran) tingkat kecamatan, Bantuan Audisi Hafiz Quran dan Musabaqah Hifzhil Quran 2015, bantuan festival Dharma Santi 2015.

3. Kegiatan Ramadhan 1436 H Dalam rangka memperingati bulan ramadhan 1436 H bright PLN Batam menggelar beberapa rangkaian acara sosial keagamaan baik untuk internal maupun eksternal pembagian makanan berbuka bagi kaum duafa bersama media, sahur bersama panti asuhan dan mengadakan lomba serta buka bersama untuk anak yatim di Batam.

4. Hari Raya Qurban/Idul Adha Bantuan kurban diberikan kepada masyarakat Batam yang tinggal dikawasan instalasi kelistrikan bright PLN Batam serta di daerah hinterland pulau Batam .bright PLN Batam membagikan 5 Ekor sapi dan 14 ekor Kambing.

Peduli Seni, Budaya dan Olahraga

Program Peduli Seni, Budaya dan Olahraga bertujuan untuk ikut melestarikan seni dan budaya, khususnya seni budaya lokal Batam. Dalam program ini Perusahaan memberi kontribusi melalui pelaksanaan festival seni dan budaya tertentu serta memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan olahraga di Batam.

Tahun 2015, Program peduli seni, budaya, dan olahraga dikelompokkan pada kegiatan:

1. Pengembangan Mitra Binaan bright Batam Tectona (Volley Club) Pada tahun 2015 bright PLN Batam mengembangkan prestasi olahraga di cabang bola voli melalui klub binaan yaitu bright Batam Tectona yang menyaring siswa-siswi berprestasi dalam cabang olahraga bola voli di Batam. bright Batam Tectona telah menjurai beberapa turnamen voli dan beberapa atlitnya ikut seleksi proliga nasional masuk ke dalam PLN Electric Volley Club.

2. Pengembangan budaya lokal

A. Lomba Jong Pesta pantai perahu layar Jong merupakan agenda tahunan di Kepulauan Riau, mengingat sebagian besar wilayah Batam dan Kepri merupakan lautan sehingga potensi budaya yang memanfaatkan lautpun menjadi perhatian Utama masyarakat.

Selain kegiatan perahu layar, kegiatan untuk mengembangkan budaya melayu sebagai budaya lokal masyarakat Batam adalah lomba pantun, dimana pantun merupakan ciri khas masyarakat melayu yang selalu digunakan oleh masyarakat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan.

B. bright Kompang Festival 2015 Kompang merupakan ialah sejenis alat musik tradisional yang paling popular bagi masyarakat Melayu, dimainkan oleh beberapa orang dewasa secara berkelompok dan biasanya melantunkan ayat-ayat alquran atau pesan-pesan leluhur tentang kebajikan. Tahun 2015 merupakan kali kedua festival Kompang diselenggarakan oleh bright PLN Batam dengan menggandeng Lembaga Adat Melayu serta kecamatan seluruh Kota Batam untuk ikut serta dalam festival tersebut dan Festival Kompang menjadi icon peduli seni dan budaya bright PLN Batam kepada tanah melayu.

3. Pengembangan seni, budaya, dan olah raga pengembangan seni budaya, dan olah raga lainnya yang dilakukan bright PLN Batam diantaranya dukungan pada Porseni sekolah,Festival Musik dan Budaya, jalan santai,turnamen olahraga,festival tarian melayu, bantuan pengembangan sanggar seni melayu Saidina Ali.

Peduli Kemitraan

Program Peduli Kemitraan bertujuan untuk ikut meningkatkan kualitas dan kompetensi mitra kerja, usaha kecil dan lembaga lainnya serta menjalin harmoni dengan mitra/stakeholder bright PLN Batam

Tahun 2015, Program peduli kemitraan dikelompokkan pada kegiatan:

1. Edukasi kelistrikan untuk masyarakat Program Edukasi di lakukan dengan melakukan diskusi-diskusi (FGD) yang bekerja sama dengan pemerintah kota Batam tentang Undang-Undang Ketenagalistrikan.

2. Pengembangan masyarakat dan partisipasi kegiatan mitra Kegiatan kemitraan lain yang dilakukan bright PLN Batam diantaranya kerjasama dengan Universitas Trisakti, Seminar dengan Pelopor Pergerakan Pewarta Publik Wajah Bangsa (P4WB), partisipasi workshop Aosiasi Juranlis Indonesia , partisipasi beberapa kegiatan Masyarakat Kelistrikan Indonesia (MKI) dan lain sebagainya.

Jl. Engku Putri No. 3 - Batam Center - Kepulauan Riau - Indonesia

Copyright © 2020 PT. Pelayanan Listrik Nasional Batam.