Listrik PLN Batam Sudah Sampai di Ujung Barelang

September 29, 2018

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H Nurdin Basirun dan Direktur Utama bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura meresmikan program Percepatan Desa Berlistrik Menuju Rasio Elektrifikasi 100% dan Peningkatan Konsumsi Listrik Perkapita. Kegiatan yang dihelat pada Kampung Sijantung, Kecamatan Galang, Jumat (28/9/2018) bertajuk Bukti Nyata Dalam Mewujudkan Kepulauan Riau Terang.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengapresiasi kerja keras bright PLN Batam melakukan penyambungan listrik di beberapa wilayah di Kecamatan Galang, Pulau Batam. Ini bukti bahwa bright PLN Batam berkomitmen untuk terus melayani masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan akan listrik.

“Kami di Pemerintah Daerah, dalam hal ini Pemprov Kepri selalu membangun koordinasi dan mendorong PLN Batam dapat menjawab persoalan masyarakat tentang kebutuhan akan listrik. Dengan adanya listrik, ekonomi kerakyatan masyarakat akan tumbuh, pendidikan akan jalan, program-program berkaitan dengan kegiatan sosial juga dapat berjalan maksimal,” ujar Nurdin.

Nurdin mengakui masih banyak masyarakat Kepri yang membutuhkan listrik. Namun dengan pembangunan infrastruktur dan Nawacita Presiden RI, kita berharap agar kebutuhan seluruh masyarakat Batam dan Kepri akan listrik bisa terjawab pada 2019 mendatang.

“Mudah-mudahan kami bersama Direktur PLN Batam bisa melaksanakan program pembangunan dan meningkatkan rasio elektrifikasi di Pulau Batam pada 2019 nanti,” jelas Nurdin. Banyak manfaat dirasakan masyarakat bila pemukiman mereka sudah teraliri listrik.

Dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat Kampung Sijantung dan Cate, sambung Nurdin, masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya lebih baik. “Anak-anak bisa belajar saat malam, ibu-ibu juga bisa bekerja dengan baik, dan ekononi rakyat bisa bergerak,” harap Nurdin.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut bright PLN Batam Dadan Kurniadipura mengucapkan selamat kepada masyarakat Kampung Sijantung dan Kampung Cate atas tersambungnya listrik bright PLN Batam di Kecamatan Galang.

Dadan mengatakan bahwa rasio elektrifikasi di Pulau Batam saat ini kurang lebih telah mencapai 98,4 % termasuk sambungan listrik ke hinterland, rasio elektrifikasi tertinggi di wilayah Kepri. “Pada tahun 2018 ini, bright PLN Batam fokus terhadap pengembangan jaringan di Pulau Rempang dan Galang,” tutur Dadan.

Total 4 kelurahan yaitu Sembulang, Sijantung, Rempang Cate, Setokok telah tersambung listrik bright PLN Batam dengan panjang jaringan SUTM 33 Kms, SKTM 9 Kms, SUTR 2 Kms, dengan total pelanggan tersambung 569. Pada tahun 2019, Bright PLN Batam berencana akan membangun jaringan kelistrikan di 8 tempat yaitu Air Naga, Kampung Kelingking, Kampung Kalat, Kampung Monggak, Kampung Pasir Panjang, Kampung Baru, Kampung Tanjung Cakang dengan total SUTM 17 Kms dan SKTM 22 Kms.

“bright PLN Batam akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta keandalan pasokan listrik dengan beberapa program yang memudahkan masyarakat dalam menikmati lisrtik salah satunya program sambungan baru dan naik daya gratis,” pungkas Dadan.

Selain dihadiri masyarakat, peresmian ini juga dihadiri Kadis ESDM Kepri Amjon, Kapolsek Galang AKP Heri Sujati dan Lurah Sijantung Danang Prilasandi.

Sekcam Galang Ute Rambe mengatakan banyak pulau-pulau di Kecamatan Galang yang belum merasakan dampak dari listrik. Karena itu dia berharap ini bisa segera direalisaikan sehingga bisa memberi peningkatan SDM bagi generasi muda.

Jl. Engku Putri No. 3 - Batam Center - Kepulauan Riau - Indonesia

Copyright © 2017 PT. Pelayanan Listrik Nasional Batam.