Realisasi CSR Tahun 2014

Peduli Sosial

Program peduli sosial ditujukan untuk membantu masyarakat untuk penyediaan sarana dan prasarana umum dan kesehatan, maupun kegiatan yang bersifat terprogram pembinaan panti asuhan.

Tahun 2014, Program peduli sosial dikelompokkan pada dua kegiatan yaitu:

1. Bantuan pembangunan sarana dan prasarana Bantuan berupa pembangunan gedung serba guna di perumahan Bukit Kemuning dan pembangunan Posyandu di Perumahan Cahaya Garden.

2. Bantuan pengembangan masyarakat dibidang sosial Bantuan pengembangan masyarakat lainnya berupa bantuan ke panti asuhan.

Pada tahun 2014 juga diadakan khitanan massal untuk anak – anak yang kurang mampu , dimana peserta khitanan massal sebanyak 250 orang dari seluruh wilayah Batam.

Peduli Pendidikan

Program Peduli Pendidikan ditujukan untuk membantu meningkatkan mutu pendidikan dan meringankan beban biaya pendidikan bagi pelajar yang berprestasi. Bentuk kepedulian meliputi pemberian bantuan fasilitas dan sarana pendidikan, perbaikan gedung, bantuan pelatihan.

Tahun 2014, Program peduli pendidikan dikelompokkan pada kegiatan:

1. Bantuan sarana sekolah Kegiatan CSR yang sudah dilakukan untuk membatu fasilitas sekolah diantaranya adalah bantuan untuk pembangunan gedung sekolah di lokasi PLTMG CNG Tokojo.

2. Bantuan pengembangan prestasi Sedangkan kegiatan untuk mengembangkan prestasi diantaranya adalah melalui kegiatan lomba menggambar dan mewarnai sebagai wadah untuk menampung kreativitas anak, seminar pendidikan, penerbitan buku dan gerakan KEPRI membaca dan juga diadakan lomba kreatif Batam yaitu penulisan artiket dan features.

Peduli Kesehatan

Program Peduli Kesehatan ditujukan untuk membantu menjadikan masyarakat yang sehat dan berkualitas yang diwujudkan melalui berbagai kegiatan yang bersifat insidentil maupun berkelanjutan. Kegiatan peduli kesehatan antara lain penanggulangan dan pemberantasan sumber penyakit, pembangunan puskesmas dan pengobatan gratis serta bantuan peralatan dan obat.

Tahun 2014, Program peduli pendidikan dikelompokkan pada kegiatan:

1. Kepedulian terhadap bahaya penyakit , pencegahan dan penanganannya Penanggulangan penyakit Tubercolosis (TBC) Batam Madani kec. Nongsa serta kepedulian terhadap penyakit AIDS.

2. Pembangunan fasilitas penunjang kesehatan Kegiatan pembangunan fasilitas penunjang kesehatan yang dilakukan adalah pembangunan sanitasi untuk SD 006 Batam Kota Batam Centre dan pembangunan puskesmas di desa Tokojo lokasi PLTMG CNG.

Peduli Lingkungan

Program Peduli Lingkungan bertujuan untuk ikut memperbaiki kondisi lingkungan seperti sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan, penanaman pohon sebagai upaya mengurangi pemanasan global, bantuan peralatan kebersihan, bantuan bibit pohon dan dukungan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan lingkungan melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Tahun 2014, Program peduli lingkungan dikelompokkan pada kegiatan:

1. Edukasi keselamatan ketenagalistrikan Kegiatan di lakukan dengan sosialisasi kepada warga – warga yang dilalui oleh jaringan transmisi 150 KV dan area – area pembangkit yaitu Kawasan Orchid Park, Bengkong laut dan Tanjung Kasam. Sosialisasi P2TL melalui media massa dan kunjungan ke rumah – rumah warga.

2. Melistriki pulau Terluar Program ini merupakan program lanjutan dari tahun 2013, dimana bright PLN Batam telah mengalokasikan 30 unit solar cell yang akan di pasang di pulau-pulau terluar. Tahun 2014 ini, dilakukan survey untuk pulau – pulau di sekitar Batam yang akan menerima bantuan solar cell selanjutnya

3. Penanaman pohon Kegiatan penanaman yang di lakukan di Sei Ladi sebagai daerah resapan air dan penanaman pohon mangrove.

4. Bantuan penyediaan sarana kebersihan tempat sampah di daerah Kabil.

5. Bantuan memfasilitasi penyediaan genset untuk penerangan di pulau Pemping.

Peduli Keagamaan

Program Peduli Keagamaan bertujuan untuk ikut mewujudkan Batam yang bermartabat melalui peningkatan ketaatan, etika dan moralitas masyarakat. Dalam program ini Perusahaan memberi kontribusi bagi aktivitas spiritual melalui berbagai kegiatan keagamaan seperti hari raya,Qurban serta membantu perbaikan tempat ibadah dan lain-lain.

Tahun 2014, Program peduli keagamaan dikelompokkan pada kegiatan:

1. Bantuan Sarana Ibadah Masjid Nurul Jannah, Masjid Al Istighfar Batu Aji, Al-Hidayah Perum Kopkar PLN, Masjid Al Fajar Pulau Galang, Masjid BabuL Jannah, Mesjid Al – Ihklas Belian Raya, Mesjid Al Araf serta lainnya.

2. Pengembangan Ilmu keagamaan Tadabur Qur’an Semenanung TV, MTQ Belakang Padang, MTQ Kelurahan Sekanak Raya Haul Akbr Batam IV. Tabligh Akbar, Pengajian di Batu Aji dan peringatan Maulid Nabi Muhammad Jannatul Ilmi.

3. Bantuan Hewan kurban Bantuan kurban diberikan kepada masyarakat Batam dan masyarakat hinterland, dimana sebagian besar penduduk hinterland lebih sering mengkonsumsi ikan dibandingkan dengan daging, sehingga bersempena dengan hari raya Idul Adha, bright PLN Batam membagikan 6 ekor sapi dan 14 ekor Kambing.

Peduli Seni, Budaya dan Olahraga

Program Peduli Seni, Budaya dan Olahraga bertujuan untuk ikut melestarikan seni dan budaya, khususnya seni budaya lokal Batam. Dalam program ini Perusahaan memberi kontribusi melalui pelaksanaan festival seni dan budaya tertentu serta memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan olahraga di Batam.

Tahun 2014, Program peduli seni, budaya, dan olahraga dikelompokkan pada kegiatan:

1. Pengembangan Olah Raga Bridge Turnamen bridge merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh bright PLN Batam yang bekerjasama dengan Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) melalui kegiatan PLN Batam Cup 7 Student Bridge dimana kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan prestasi para siswa dibidang olah raga. Pemilihan olah raga bridge karena seperti hal nya olah raga catur olah raga ini memadukan daya fikir dan strategi, sehingga para siswa terlatih untuk berfikir lebih kritis dan berani mengambil keputusan. Kegiatan turnamen bridge tahun 2014 ini bersamaan dengan Turnamen Bridge Internasional Gubernur Kepri Cup ke-11 dilaksanakan pada tanggal 23-31 Agustus 2014 di Hotel Golden View, Bengkong>

2. Pengembangan budaya lokal Lomba Jong Tahun 2014 Pesta pantai perahu layar Jong merupakan agenda tahunan di Kepulauan Riau, mengingat sebagian besar wilayah Batam dan Kepri merupakan lautan sehingga potensi budaya yang memanfaatkan lautpun menjadi perhatian Utama masyarakat. Selain kegiatan perahu layar, kegiatan untuk mengembangkan budaya melayu sebagai budaya lokal masyarakat Batam adalah lomba pantun, dimana pantun merupakan ciri khas masyarakat melayu yang selalu digunakan oleh masyarakat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan.

3. Pengembangan seni, budaya, dan olah raga Pengembangan seni budaya, dan olah raga lainnya yang dilakukan bright PLN Batam diantaranya dukungan pada kegiatan Karate Do Nasional, Off Road Team, ATB CUP V Futsal Championship 2014, Batam Tectona 2014, Perkemi, Komunitas Film Batam, Trail Adventure Community, Tribun Futsal Championship 2014, Jalan Santai, Nuansa Cultural Production ,melangkah bersama Tribun, Batu Ampar 10 K, Futsal, Golf ATB dan FE ILUNI, SSB All Star padang dan dukungan kegiatan olah raga lainnya. Kegiatan Seni dan Budaya adalah halal bilhalal dan peringatan HUT RI ke 69 tahun 2014 di perumahan Duta Mas , Kopkar PLN, KDA dan Kecamatan Batam Kota serta pagelaran seni Paguyuban Among Jowo.

Peduli Kemitraan

Program Peduli Kemitraan bertujuan untuk ikut meningkatkan kualitas dan kompetensi mitra kerja, usaha kecil dan lembaga lainnya serta menjalin harmoni dengan mitra dalam mengikut acara – acara yang dilakukan mitra.

Tahun 2014, Program peduli kemitraan dikelompokkan pada kegiatan:

1. Pengembangan kewirausahaan Pada tahun 2014 kegiatan kemitraan bright PLN Batam difokuskan kepada kegiatan pengembangan kewirausahan berupa kegiatan yang dapat memberikan pemahaman tentang kewirausahaan antara lain melalui kerja sama dengan Kadin Batam yang menggelar “Dialog perekonomian”, “ ASEAN SMEs EXPO 2014 dan kegiatan kompetisi kewirausahaan. Manfaat dari kegitan-kegiatan ini diharapkan agar para wirausahawan mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai dunia usaha mandiri sehingga lebih termotivasi untuk terus mengembangkan usaha yang dikelola.

2. Edukasi kelistrikan untuk masyarakat Program Edukasi di laksanakan dengan penayangan informasi melalui COGAN TV dan partisipasi dalam pameran Masyarakat Kelistrikan Indonesia yang merupakan rangkaian acara HLN ke 69 yahun 2014.

3. Pengembangan masyarakat Kegiatan kemitraan lain yang dilakukan bright PLN Batam diantaranya kerjasama dengan Universitas Mercu Buana, seminar dan musyawarah Kerja Nasional FKSPI tahun 2014 dan kegiatan kemitraan lainnya.

4. Partisipasi kegiatan Mitra Mengikuti kegiatan mitra seperti Welcome and farewell party pisah sambut POLDA KEPRI dan Perpisahan Komandan Pangkalan TNI AL seta ikut dalam kegiatan Sekolah Jurnalisme Indonesia yang diadakan oleh PWI Kepri.

Jl. Engku Putri No. 3 - Batam Center - Kepulauan Riau - Indonesia

Copyright © 2020 PT. Pelayanan Listrik Nasional Batam.