Realisasi CSR Tahun 2016

31/12/2016

Realisasi kegiatan CSR tahun 2016 disalurkan melalui 7 kepedulian dengan beberapa program unggulan CSR bright PLN Batam diantaranya Peduli Lingkungan dan Peduli Pendidikan. Program Peduli Lingkungan unggulan bright PLN Batam yaitu program Komposter (mengolah sampah organik menjadi pupuk) dan Program Peduli Pendidkan dengan program unggulan beasiswa siswa berprestasi tingkat SMA dan juga beasiswa sekolah Akademi Siswa Bangsa Internasional (ASBI)-Sampoerna Foundation

  1.  Peduli Sosial
    Program peduli sosial ditujukan untuk membantu masyarakat untuk penyediaan sarana dan prasarana bersifat sosial dan bantuan kegiatan sosial untuk meringankan beban masyarakat.Tahun 2016, Program dari Kepedulian Sosial diantaranya adalah kegiatan donor darah dan bantuan bagi pengobatan bagi penderita Kanker.Selain itu program Peduli Pendidikan berfokus pada bantuan pembangunan sarana dan prasaran serta bantuan pengembangan masyarakat dibidang sosial.
  2. Peduli Pendidikan
    Program Peduli Pendidikan ditujukan untuk membantu meningkatkan mutu pendidikan dan meringankan beban biaya pendidikan bagi pelajar yang berprestasi. Bentuk kepedulian meliputi pemberian bantuan fasilitas dan sarana pendidikan, perbaikan gedung, bantuan pelatihan .
    Tahun 2016, Program peduli pendidikan dikelompokkan pada kegiatan:
    1. Program unggulan Peduli Pendidikan berupa Bantuan pengembangan prestasi
    – Lanjutan pemberian beasiswa ASBI ( Sampoerna Foundation) untuk tahun ke 2
    – Penerbitan buku lembaga penelitian Trisakti
    2. Bantuan pembangunan sarana prasarana penunjang pendidikan
  3. Peduli Kesehatan
    Program Peduli Kesehatan ditujukan untuk membantu menjadikan masyarakat yang sehat dan berkualitas yang diwujudkan melalui berbagai kegiatan yang bersifat insidentil maupun berkelanjutan. Kegiatan peduli kesehatan antara dengan melakukan penyuluhan kesehatan, pemberantasan sumber penyakit, pembangunan puskesmas dan pengobatan gratis serta bantuan peralatan dan obat.Tahun 2016, dilakukan kegiatan Khitanan Massal yang merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Listrik Nasional ke 71 dan Hari Ulang tahun bright PLN Batam ke 16 tahun 2016. Kegiatan tersebut diikuti oleh 154 anak-anak, anak-anak tersebut juga mendapatkan goodybag berupa peralatan untuk sekolah. Peserta khitanan dari berbagai kalangan baik Panti asuhan, anak – anak kurang mampu dan masyarakat. Dimana Kegiatan tersebut juga di exspose ke media masa sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesehatan generasi bangsa khususnya di Pulau Batam.
  4. Peduli Lingkungan
    Program Peduli Lingkungan bertujuan untuk ikut memperbaiki kondisi lingkungan seperti sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan, penanaman pohon sebagai upaya mengurangi pemanasan global, bantuan Pengamanan dan Pelestarian Lingkungan di Daerah yang terdapat instalaasi vital, bantuan bibit pohon dan dukungan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan lingkungan melalui kerja sama dengan berbagai pihak.Program peduli lingkungan unggulan bright PLN Batam yang telah di jalankan adalah program pembuatan Komposter di wilayah Kabil dengan pemberian 25 unit komposter bekerjasama dengan PT Duta Pudak Lestari kepada 50 KK sebagai cluster percontohan Komposter.Selain itu dilakukan beberapa kegiatan terhadap lingkungan sebagai bentuk kepedulian ligkungan yang bersempena dengan Hari Listrik Nasional ke 71
  5. Peduli Keagamaan
    Program Peduli Keagamaan bertujuan untuk ikut mewujudkan Batam yang bermartabat melalui peningkatan ketaatan, etika dan moralitas masyarakat. Dalam program ini Perusahaan memberi kontribusi bagi aktivitas spiritual melalui berbagai kegiatan keagamaan pada Hari Raya Maulid Nabi dan Hari Natal.
    1. Bantuan Sarana Ibadah
    Bantuan pembangunan Mesjid Al- Hidayah Kopkar PLN Batam, pembangunan Mesjid Al –Aaraf, Penyediaan karpet untuk Mesjid Raya Batam Centre.
    2. Pengembangan Ilmu keagamaan
    Partisipasi dalam kegiatan BKPRMI provinsi Kepri
    3. Kegiatan Ramadhan bright PLN Batam
    4. Peringatan Idul Adha 1437 H/2016
    Penyebaran sebanyak 29 ekor hewan qurban dengan perincian 5 ekor sapid an 24 ekor kambing
    diberbagai lokasi tersebar di BatamTahun 2016, Program peduli keagamaan lebih banyak di lakukan untuk kegiatan partisipasi dalam pembangunan tempat ibadah serta perayaan hari besar kegamaan. Aksi Nyata bentuk kepedulian keagamaan dilakukan dengan memberikan bantuankepada kegiatan keagamaan pada perayaan Maulid Nabi Masjid Pesona mantang dan perayaan Natal KADIN serta turut berpartisipasi dalam Qurban yang di laksanakan di lingkungan perusahaan dalam rangka Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1437 H)
  6. Peduli Seni, Budaya dan Olahraga
    Program Peduli Seni, Budaya dan Olahraga bertujuan untuk ikut melestarikan seni dan budaya, khususnya seni budaya lokal Batam. Dalam program ini Perusahaan memberi kontribusi melalui pelaksanaan festival seni dan budaya tertentu serta memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan olahraga di Batam.Tahun 2016, Program peduli seni, budaya, dan olahraga dikelompokkan pada kegiatan:
    Pengembangan Olah Raga
    Sponsorship kegiatan olahraga seperti ,Kegiatan Komunitas Sepeda KCC KDA,Perpesi Golf Golf Tournament and Charity dan Club sepak bola Tanjung uma Sakti sebagai bentuk support kepada masyarakat hinterland.Pengembangan budaya lokal
    Sponsorship kegiatan Festival Kompang tahun 2016 yang diikuti oleh 12 kecamatan di kota Batam.Pengembangan seni
    Sponsorship Kegiatan Pensi SMAN 3, diskusi dan seminar dari Cibena Raya Screening di blitz kepri Mall dan Lomba menulis dalam rangka HLN ke 17.
  7. Peduli Kemitraan
    Program Peduli Kemitraan bertujuan untuk ikut meningkatkan kualitas dan kompetensi mitra kerja, usaha kecil dan lembaga lainnya serta menjalin harmoni dengan mitra dengan menjadi sponsorship dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mitra.Tahun 2016, Program peduli kemitraan dikelompokkan pada kegiatan:
    a. Pengembangan kewirausahaan
    Pada tahun 2016 kegiatan kemitraan bright PLN Batam difokuskan kepada kegiatan pengembangan kewirausahan berupa kegiatan yang dapat memberikan pemahaman tentang kewirausahaan antara lain melalui kerja sama dengan Kadin Batam , Workshop kemitraan.b. Pengembangan masyarakat
    Kegiatan kemitraan yang dilakukan untuk menjalin silaturahmi dan sekaligus edukasi terhadap masyarakat adalah sponsorship dalam Talk Show “ Bedah tarif PLN Batam” dari FKM, dimana PLN menjadi salah satu nara sumbernya dalam acara tersebut.c. Partisipasi kegiatan Mitra
    Partisipasi Kemitraan yang dilakukan dengan para mitra dan stockholders pada Triwulan IV Tahun 2016 antara lain sponsorship HUT KOPRI, Kegiatan media bersama masyarakat, hari ibu pada Black TV, Lambaga Swadaya Masyarakat dan Rangkaian kegiatan HLN ke 71.

Jl. Engku Putri No. 3 - Batam Center - Kepulauan Riau - Indonesia

Copyright © 2020 PT. Pelayanan Listrik Nasional Batam.